Cara Membuat Custom Shape di Photoshop

Posting Komentar

 Ellow Kengkawan Sekalian~

Izinkan saya berasumsi bahwa kalian yang sedang membaca artikel ini, sudah mengetahui apa itu "Shape" dalam Photoshop, karena fokus kita kali ini adalah "Membuat Chustom Shape" atau "Shape Buatan Sendiri".

Langsung saja kita meluncur ke beberapa tahapan membuat Custom Shape versi yang saya tahu.

Adapun, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Siapkah Bentuk

Maksud dari siapkan bentuk di sini adalah, kita harus menyiapkan satu Layer yang berisikan gambar, tulisan atau apa pun itu yang memiliki bentuk (jadi intinya bukan Layer kosong :p~).

Sebagai contoh di sini, saya menggunakan sebuah tulisan dari Type Tool yang bertuliskan "Laskar Pendaki", ditambah sebuah gambar siluet seorang pendaki yang saya gabungkan (merge) menjadi satu Layer.

Cukup simpel bukan langkah pertama yang kita punya ini? xD~

Membuat Lembar Kerja "Path" (Make Work Path)

Teruntuk teman-teman yang sering menggunakan "Pen Tool" mungkin tidak akan asing dengan yang namanya "Path", Path adalah sebuah jenis garis yang ada pada suatu objek Layer. Mungkin kita bisa menyebut "Path" sebagai "Garis Mentah", maksudnya garis Path yang nampak pada workspace sebenarnya tidaklah nampak atau benar-benar ada pada hasil gambar nanti, SEBELUM kita memberikannya suatu efek.

Misal, saya membuat sebuah garis Path berbentuk bulan sabit menggunakan Pen Tool, setelah itu saya tidak melakukan aksi apa-apa lagi setelahnya, hasilnya adalah garis bulan sabit tersebut tidak akan nampak ketika nanti kita menyimpan lembar kerja kita.

Intinya anggap saja Path adalah "Garis Mentah", sebuah garis yang memerlukan sebuah aksi di atasnya (setelah pembuatannya) agar memiliki wujud, entah itu sebuah garis, gambar dengan warna penuh dan lain sebagainya. Menariknya, ternyata kita mampu membuat sebuah Shape dengan bentuk sesuai keinginan kita sendiri dari hasil sebuah garis Path.

Cara yang akan saya bagikan di bawah ini adalah, cara membuat Work Path dari Layer dengan gambar yang sudah ada, entah kita bikin sebelumnya atau pun mengambil bahan bentuk-bentuknya dari eksternal.

Berikut langkah-langkahnya:

Membuat Seleksi Bentuk Tersebut

Kalian pasti sudah tahu bukan tentang garis-garis seleksi? itu loh~ hasil seleksi yang biasa dihasilkan dari "Lasso Tool" atau "Marque Tool". Nah~ langkah kedua yang harus kita lakukan untuk membuat sebuah Custom Shape adalah, membuat garis seleksi dari bentuk yang kita inginkan.

Caranya adalah, arahkan kursor mouse kita ke Layer Thumbnail (Pastikan Layer yang dipilih adalah Layer berisi Bentuk yang kita ingin jadikan Shape), sekilas ikon kursor mouse kita akan berubah ketika diarahkan ke Thumbnail Layer kita, langsung saja "Klik Kiri" dan Bam!! semua area objek yang ada pada Layer tersebut akan terseleksi dengan rapi.

Kalau kita sudah mendapatkan sebuah seleksi bentuk yang kita inginkan, maka kita lanjut ke langkah selanjutnya, yakni membuat Work Path.

Membuat Work Path

Arahkan kursor mouse kita ke wilayah Toolbox bagian atas, lebih tepatnya ke wilayah "Marque Tool" dan "Lasso Tool", dan pilihlah salah satu tool tersebut. (Tenang~ dalam cara kali ini, tool mana saja dari keduanya yang kita gunakan nanti, hasilnya akan sama saja). 

Setelah itu arahkan kembali kursor kita ke workspace, lalu "klik kanan" dan pilih "Make Work Path..."

Maka akan kita mendapatkan garis-garis seleksi bentuk kita tadi yang sudah berubah menjadi sebuah garis path.

Mungkin untuk lebih jelasnya, bisa melihat media di bawah ini:

Kita lanjut ke Langkah ketiga, dengan catatan kita semua sudah memiliki garis path dari bentuk yang kita mau jadikan sebuah Shape.

Define Custom Shape

Inilah inti dari semua langkah-langkah ribet di atas, yakni menjadikan sebuah garis path menjadi sebuah shape, adapun caranya sebagai berikut:

Arahkan kursor kita ke Toolbox dan "klik kiri" atau pilih "Selection Tool" (Path atau Direction Selection Tool, sama saja).

Arahkan kembali kursor kita ke Workspace lalu "klik kanan" dan pilih "Define Custom Shape...", maka akan muncul sebuah jendela persegi panjang kecil untuk kita memasukkan nama Shape yang akan kita simpan.

Silahkan beri nama Shape tersebut sesuai keinginan kita masing-masing, dan beres! Custom Shape kita sudah jadi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat media di bawah ini:

Berikut juga saya sertakan media contoh bahwa kita sudah berhasil membuat Shape tersebut.


Sekian dulu artikel dari saya tentang "Cara Membuat Custom Shape di Photoshop" ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi serta menghibur untuk kita semua. Silahkan dibagikan jika kalian rasa itu layak.

SemangArt!
Saya DeeZain, Pamit~

DeeZain
All Iz Well :D~
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email