Cara Membuat Shotcut Folder di Taskbar Windows 10(Toolbar)

Posting Komentar

Halo Mentemen sekalian~

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu kalian tentang satu fitur bawaan Windows 10, yang tentunya akan sangat berguna untuk kita gunakan, yakni "Cara Membuat Shortcut Folder di Taskbar Windows 10", atau bisa kita sebut juga sebagai "Toolbar", sesuai dengan nama fiturnya itu sendiri.

Langsung saja kita menuju proses pengaturannya.

Langkah pertama adalah kita 'klik kanan' pada bagian Taskbar yang kosong, lalu arahkan kursor kita ke "Toolbars", dan pilih "New Toolbar..." dengan cara 'klik kiri'. Silahkan lihat gambar di bawah ini.

Tampilan "klik kanan" pada Taskbar.

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu Taskbar, silahkan lihat penjelasan singkat saya di artikel "Mengenal Desktop Windows 10".

Setelah meng-klik kiri "New Toolbar...", maka akan muncul jendela seperti di bawah ini:

Tampilan Jendela Tempat Memilih Folder

Jendela ini adalah tempat kita memilih folder yang ingin kita sisipkan atau buatkan shortcutnya di Taskbar nanti.

Caranya sesimpel seperti ingin membuka suatu file, cukup 'klik kiri' pada folder yang ingin kita sisipkan pada Taskbar, lalu 'klik kiri' "Select Folder". Sebagai contoh di sini, saya memilih folder "Anime Song".

Jika proses pemilihan folder di atas sudah kita lakukan, maka Shortcut Foldernya akan langsung tersisip di dalam Taskbar kita, tepatnya di bagian Toolbar. Silahkan lihat gambar di bawah ini:

Tampilan Akhir

Hasil akhir, kita akan melihat Shortcut Folder atau dalam fitur ini disebut sebagai Toolbar pada Taskbar kita, tentunya kita bisa mengakses seluruh isi file dan folder yang ada di dalam folder tersebut, tanpa harus membuka "File Explorer" terlebih dahulu.

Bergunakah?

Teruntuk saya pribadi, fitur ini sangat berguna. Saya sering menggunakannya ketika saya ingin menonton beberapa film atau anime pilihan saya, di waktu senggang pekerjaan saya yang lain. Tidak perlu ribet membuka "Explorer", cukup arahkan kursor ke Toolbar Shortcut Folder tersebut, dan hanya perlu memilih file atau folder yang ingin saya akses, dalam kasus ini berarti video yang ingin saya tonton.

Untuk lebih jelasnya lagi, mungkin silahkan lihat video berikut:

Sekian penjelasan singkat dari saya, semoga bermanfaat bagi sesama~ 

Jika kalian merasa tulisan ini bisa bermanfaat untuk mentemen kalian lainnya, jangan lupa bagikan link blog ini yah~ Terima Kasih~

SemangArt!

Saya DeeZain, Pamit!

DeeZain
All Iz Well :D~

Related Posts

Posting Komentar