Mengenal Tools Photoshop Beserta Nama dan Fungsi Dasarnya

Posting Komentar

Mengenal Tools di Photoshop Beserta Masing-masing Nama dan Fungsi Dasarnya

Masih ingat dengan pembahasan saya di artikel "Langkah Awal Belajar Photoshop"? di Artikel tersebut, saya mengemukakan tentang betapa pentingnya memahami, mengenali dan menguasai setiap tool yang ada di photoshop, agar kelak kemudahan menyertai kita sepanjang perjalanan dunia desain kita, terlebih khusus untuk kita yang masih dalam proses belajar.
Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Tools atau Alat-alat Photoshop, mulai dari masing-masing nama dan pengelompokan setiap Alat berdasarkan fungsi dasarnya saat digunakan.

Ok, langsung saja~ Berikut ini adalah tampilan alat-alat photoshop beserta nama-namanya yang ada di Toolbox atau Tool Panel (Bilah Panel Alat):

Nama-nama Tools Photoshop

Berdasarkan gambar diatas, sedikit penjelasan tentang fitur dan kegunaan yang ditawarkan dari setiap alat mungkin sudah bisa terbayang yah oleh kita~ dengan melihat pengelompokan yang ditunjukkan.
Adapun mengenai fungsi dasar masing-masing alat tersebut, mari kita lanjutkan penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Dasar Tools Photoshop

Selection Tool

Move Tool

Move Tool - Alat ini digunakan untuk memindahkan dan mengatur posisi objek layer yang ada di workspace. Objek disini bersifat umum, karena setiap layer memiliki objek tertentu sesuai yang kita desain, bisa berupa sebuah tulisan, gambar, garis seleksi, ataupun sebuah bentuk (shape). Yang mana semua objek tersebutlah yang kita butuhkan dan gunakan di dalam desain kita.

Marquee Tool (Cara kerja semua Marquee Tool, sama saja)

Rectangular Marquee Tool - Alat ini digunakan untuk menyeleksi suatu objek pada satu layer dengan bentuk seleksi segi empat, yang mana jika kita melakukan suatu perubahan atau menambahkan suatu efek dan aksi, maka hanya akan berpengaruh pada wilayah objek yang terseleksi.
Eliptical Marquee Tool - Alat ini digunakan untuk menyeleksi suatu objek pada satu later dengan bentuk lingkaran, tak terlepas seleksi lingkaran itu berbentuk lingkaran sempurna atau lingkaran sembarang, tergantung saat kita gerakan kursor kita saat menyeleksi.
Single Row Marquee Tool - Alat yang sama dengan Marquee Tool lainnya, namun dengan bentuk seleksi sebuah garis lurus horizontal.
Single Column Marquee Tool - Alat yang sama dengan Marquee Tool lainnya, namun dengan bentuk seleksi sebuah garis lurus vertical.

Lasso Tool

Lasso Tool - Alat ini digunakan untuk menyeleksi suatu objek dengan bentuk bebas sesuai dengan gerakan kursor mouse kita saat menyeleksi. Penggunaan alat ini sangat bergantung pada gerakan kursor mouse kita, sehingga akan cukup sulit mengendalikannya untuk mendapatkan hasil seleksi yang sempurna. (alat ini akan lebih mudah digunakan dalam keadaan tenang dan sepertinya lebih cocok jika menggunakan sebuah Pen Tablet, dimana gerakan kursor mouse kita akan lebih bebas saat menyeleksi).
Polygonal Lasso Tool - Alat ini digunakan untuk menyeleksi suatu objek dengan bentuk bebas namun bersudut, menyeleksi objek melalui titik-titik yang pada akhirnya akan terhubung dan terseleksi. Biasanya digunakan untuk menyeleksi sebuah photo atau bentuk dalam gambar, seperti mengambil bagian tertentu dari satu gambar melalui titik bantu seleksi, dan mengambil background dari sebuah photo.
Magnetic Lasso Tool - Seperti 2 Lasso Tool sebelumnya, alat ini memiliki fungsi yang sama atau bisa kita bilang alat ini adalah gabungan 2 fitur Lasso Tool sebelumnya, dengan tambahan fitur Magnetic yang mana mampu mengadaptasikan setiap gerakan kursor mouse kita pada tepian gambar yang kita gunakan (fitur magnetis ini akan lebih optimal pada gambar dengan resolusi tinggi), meninggalkan sebuah titik-titik seleksi yang kelak akan menghubungkan seluruh wilayah seleksi yang kita inginkan.

Quick Selection Tool

Quick Selection Tool - Alat ini digunakan untuk menyeleksi suatu objek secara bebas, mengikuti gerakan kursor mouse kita dengan ukuran dan bentuk alat seleksi sesuai dengan pengaturan kita. Wilayah yang diseleksi akan disesuaikan oleh gerakan kursor kita dengan bantuan optimasi dan automasi dari fitur kerja bawaan alat ini. (seperti mengatur ukuran dan bentuk pada Brush Tool sebagai bentuk acuan seleksi namun digunakan untuk menyeleksi).

Magic Wand Tool

Magic Wand Tool - Cara kerja alat ini seperti Quick Selection Tool namun hanya berfokus untuk menyeleksi satu jenis warna tertentu dalam suatu objek. Kepekaan wilayah yang diseleksinya dipengaruhi oleh kadar warna pada objek. Sangat tidak dianjurkan menggunakan alat ini untuk menyeleksi warna gradiasi (banyak atau campuran warna).


Crop & Slice Tools

Crop Tool

Crop Tool - Alat ini digunakan untuk memotong objek yang ada pada Workspace (kanvas) secara keseluruhan, dimana pemotongan yang dilakukan bersifat permanen, mengubah dimensi lembar kerja kita dan setiap objek yang ada di dalamnya sesuai dengan batas potong yang kita atur.

Slice Tool

Slice Tool - Alat ini digunakan untuk memotong suatu objek ke beberapa bagian. Cara kerjanya seperti kita memotong kue, dengan tahapan membuat garis-garis potongnya terlebih dahulu, lalu untuk mendapatkan hasil outputnya kita menggunakan “Save for Web…”. Bisa dibilang alat yang satu ini memang biasa digunakan untuk para web designer yang membutuhkan beberapa gambar sesuai dengan kebutuhannya kelak.

Slice Select Tool

Slice Select Tool - Alat ini bertugas untuk memilih setiap potongan yang telah dibuat sebelumnya menggunakan Slice Tool, berguna untuk mengatur kembali ukuran dan posisi garis potong yang belum sesuai dengan keinginan.


Measuring Tools

Eyedropper Tool

Eyedropper Tool - Alat ini digunakan untuk mengambil sampel warna pada gambar.

Color Sample Tool

Color Sample Tool - Alat ini digunakan untuk menampilkan nilai warna hingga empat area yang kita tentukan. Masing-masing nilai warna akan ditampilkan melalui info yang ada di panel info bagian kanan layar tampilan photoshop.

Ruler Tool

Ruler Tool - Alat ini digunakan untuk mengukur jarak, lokasi, dan sudut pada gambar melalui titik yang kita tentukan.

Note Tool

Note Tool - Alat ini digunakan untuk membuat sebuah catatan yang bisa dilampirkan pada objek atau gambar di lembar kerja desain kita. Bisa dijadikan sebagai pengingat pribadi akan proses pengerjaan masing-masing bagian objek kita, atau memberi catatan yang mungkin berguna untuk pengguna lain ketika kita membagikan mentahan hasil desain kita.


Retouching Tools

Spot Healing Brush Tool

Spot Healing Brush Tool - Alat ini digunakan untuk menghilangkan noda dan benda tertentu pada suatu objek atau gambar yang sedang kita kerjakan. Alat ini biasanya digunakan para desainer untuk menghilangkan jerawat pada wajah.

Healing Brush Tool

Healing Brush Tool - Alat ini digunakan untuk melukin dengan sampel atau pola untuk memperbaiki objek atau gambar yang kondisinya tidak bagus atau tidak sempurna. Sangat cocok untuk mengolah koleksi foto lawas (jadul) kita yang kondisinya kurang bagus.

Patch Tool

Patch Tool - Alat ini digunakan untuk memperbaiki suatu objek atau gambar yang sedang kita kerjakan dengan cara menyeleksi area yang ingin kita perbaiki dan memanfaatkan sampel atau pola pada gambar yang sama di luar wilayah yang sebelumnya kita seleksi.

Red Eye Tool

Red Eye Tool - Alat ini digunakan untuk menghilangkan efek mata merah yang biasanya muncul dari foto yang dipotret menggunakan flash.

Clone Stamp Tool

Clone Stamp Tool - Alat ini digunakan untuk melukis atau membuat gambar dengan cara menggunakan sampel sebuah gambar. Untuk mengambil sampel gambar: tekan "Alt" pada Keyboard lalu "klik kiri" pada area gambar yang akan kita jadikan sampel, adapun cara mengaplikasikannya hanya perlu "klik kiri" di bagian yang ingin kita lukis atau edit (dengan catatan kita sudah mengambil sampel sebelumnya).

Pattern Stamp Tool

Pattern Stamp Tool - Alat ini digunakan untuk melukis atau membuat gambar dengan menggunakan bagian dari sebuah gambar sebagai (dalam bentuk) sebuah pola.
Eraser Tool - Alat ini digunakan untuk menghapus sebuah objek desain atau gambar, hanya berlaku pada objek atau gambar yang ada dan merupakan sebuah "Layer", jadi tidak akan bekerja pada Smart Object, Shape dan selainnya.

Background Eraser Tool

Background Eraser Tool - Fungsi alat ini tidak jauh berbeda dengan Erasel Tool, untuk lebih jelasnya silahkan dicoba-coba sendir di perangkatnya masing-masing :).

Magic Eraser Tool

Magic Eraser Tool - Alat ini digunakan untuk menghapus sebuah area yang berwarna solid, menjadikannya transparansi dan kita hanya perlu mengklik kiri sekali di bagian warna yang ingin kita hapus.

Blur Tool

Blur Tool - Alat ini digunakan untuk mengaburkan (mem'blur'kan) atau menghaluskan wilayah tertentu dari sebuah gambar yang kita gunakan. Cocok digunakan untuk mengedit foto yang diambil dengan kamera dengan fitur "auto focus" kurang bagus, jadi bagian selain yang ingin kita fokuskan, bisa kita kaburkan secara manual dengan alat ini.

Sharpen Tool

Sharpen Tool - Seperti nama alatnya, yaitu "Sharp" yang berarti "Tajam" dalam Bahasa Indonesia, Alat ini digunakan untuk meningkatkan ketajaman sebuah gambar. Hasil yang diperoleh akan lebih terlihat jika kita mencoba menajamkan sebuah gambar dengan unsur metal (besi).

Smudge Tool

Smudge Tool - Alat ini digunakan untuk mencoreng atau menggosok-gosokkan wilayah tertentu pada sebuah gambar, hasil dari gerakan gosokan alat ini akan menyerupai seperti sapuan jari kita di atas sebuah lukisan.

Dodge Tool

Dodge Tool - Alat ini berfungsi untuk menerangkan warna di area tertentu pada sebuah gambar.

Burn Tool

Burn Tool - Alat ini memiliki fungsi yang berkebalikan dengan Dodge Tool, yakni menggelapkan warna di area tertentu pada sebuah gambar.

Sponge Tool

Sponge Tool - Alat ini digunakan untuk mengubah tingkat saturasi suatu area pada sebuah gambar.


Ok~ Sampai di sini, apakah kalian mendapati kesulitan? mungkin ada pembahasan yang kurang jelas dan kurang mudah dipahami~ semoga lancar yah...

Karena saya tidak menyangka sebelumnya kalau penjelasan satu persatu tool photoshop ini akan memakan cukup banyak tulisan dan gambar sebagai penjelasnya, jadi saya tetapkan artikel ini cukup sampai disini dulu~
Adapun bagian Painting Tool, Drawing & Type Tools dan yang terakhir Navigation Tool, silahkan berkunjung ke artikelnya melalui link berikut.

Semoga Bermanfaat untuk Kita semua yah~
Kalau kalian merasa tulisan ini mudah dipahami dan ada orang lain yang mungkin butuh untuk membacanya sebagai bahan pembelajaran mereka, silahkan bagikan link artikel ini ke sosial media kalian atau apa pun itu~
Terima Kasih sebelumnya.
Saya DeeZain, Pamit!
DeeZain
All Iz Well :D~

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email