Mengenal Layer pada Photoshop

Posting Komentar

Mengenal Serba-serbi Layer pada Photoshop


SelamArt berjumpa kembali di Blog Creative DeeZain!
Pada artikel kali ini, fokus pembahasan kita sekarang adalah "Mengenal Layer pada Photoshop", yakni beberapa hal penting yang tercakup dalam pengaturan Layer, dan saya rasa dengan bermodal hal-hal yang akan saya paparkan di artikel ini, kita sudah bisa mengeksplorasikan banyak hal, teknik dan keisengan lainnya di aplikasi Photoshop.
Adapun hal-hal yang akan dijelaskan di artikel ini adalah sebagai berikut:
  • Pengenalan Layer dan Group
  • Layer Style (Blending Options)
  • Blending Mode
  • Layer Mask
  • Clipping Mask
  • Opacity dan Fill
Adapun selebihnya, silahkan dipraktikkan dan coba eksplorasi sendiri

Pengenalan Layer dan Group

Secara default, panel Layer terdapat di bagian sisi kanan tampilan aplikasi photohop. Ada banyak panel-panel lainnya yang juga terhubung bersama layer panel pada panel tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Tampilan panel pada gambar di atas adalah tampilan standar saat kita pertama kali membuka photoshop. Adapun bagian yang saya kasih kotak merah adalah khusus "Panel Layer", Layer dan Grup-grup yang ada pada gambar di atas adalah contoh tampilan saja. Bahwa apapun Layer dan Group yang akan kita tambahkan, maka akan muncul di panel tersebut.
Cara membuat Layer dan Group baru

Pilih menu "Layer" lalu pilih "New..." dan disinilah kita bisa memilih:
Layer = untuk membuat Layer baru.
Layer from Background = untuk menjadikan Layer Background saat ini menjadi Layer biasa.
Group = untuk membuat Group baru.
Intinya adalah 3 ini, selebihnya akan jarang sekali digunakan dan saya pun tidak akan membahasnya dalam artikel ini.
Cara lainnya untuk membuat Layer atau Group baru adalah menggunakan ikon yang tersedia di bagian bawah panel Layer, silahkan lihat gambar berikut:

Keterangan dari paling kanan:
Menghapus Layer - Membuat Layer Baru - Membuat Group Baru
Adjustment - Layer Mask - Layer Style

Langsung diKlik saja~

Layer Style (Blending Options)

Kegunaan fitur yang satu ini adalah memberikan Style (gaya) atau efek tertentu kepada Layer yang dipilih. Cara membuka adalah dengan mengklik dua kali bagian sekitaran Layer kita atau dengan mengklik ikon tulisan "Fx" seperti gambar sebelumnya yang berguna untuk membuka tampilan Layer Style (Blending Options).

Tampilan saat mengklik ikon "Fx" untuk masuk ke jendela Layer Style

Kita bebas memilih salah satu Layer Style yang tersedia, atau masuk secara manual ke menu Layer Style dengan mengklik pilihan "Blending Options..." paling atas. Lalu akan muncul jendela tampilan seperti ini:

Dari sini kita bebas memilih Style yang akan digunakan dengan mengatur kadar masing-masing fitur untuk efek yang diinginkan.

Blending Mode

Tidak jauh berbeda dengan fungsi Layer Style, Blending Mode juga memberikan efek tertentu kepada Layer yang kita pilih. Letak pengaturan Blending Mode ada di bagian atas Layer, berikut tampilannya:

Cara menggunakannya sangat simpel, kita cukup memilih Layer yang akan diberikan efek dari Blending Mode ini, lalu klik tombol yang saya kotak merahi tersebut, dan pilih salah satu dari banyak efek yang tersedia disana. Tidak akan ada penjelasan detail tentang masing-masing efek yang diberikan dari pilihan efek yang tersedia di Blending Mode pada artikel ini, kemungkinan akan ada artikel khusus yang kelak akan membahasnya.
Silahkan coba-coba sendiri efek apa saja yang diberikan dari masing-masing fitur yang tersedia.

Layer Mask

Bagi saya, Layer Mask seperti memiliki fungsi menyembunyikan beberapa bagian gambar atau tulisan di satu Layer tertentu. Kita bisa menentukan bagian yang akan diberikan efek "masking" ini dari wilayah gambar atau tulisan yang kita seleksi. Silahkan lihat gambar berikut:

Proses menyeleksi wilayah gambar yang akan diMasking.

Tampilan Efek dari aksi "Layer Mask" wilayah yang diseleksi

Ada 3 bagian yang saya beri tanda sebuah kotak merah:
Bagian tengah: adalah hasil yang diperoleh dari proses masking wilayah gambar yang kita seleksi
Bagian kanan atas: Layer Mask yang muncul tepat di samping Layer yang kita pilih. Anggap saja Layer Mask tersebut yang menyembunyikan bagian lain yang tidak kita inginkan nampak di kanvas.
Bagian kiri bawah:  Ikon tombol yang harus kita klik setelah menyeleksi gambar untuk memberi efek Layer Mask.
Sejatinya bagian yang kita sembunyikan tidaklah hilang atau terbuang, hanya disembunyikan di Layer Mask yang kelak bisa kita munculkan kembali sesuai keinginan kita.

Clipping Mask

Dengan melihat namanya yang sama-sama menyebutkan kata "Mask", mari kita beranggapan bahwa akan ada bagian gambar atau tulisan pada Layer yang disembunyikan dengan menggunakan fitur ini. Cara menggunakannya adalah dengan mengklik kanan pada Layer yang kita pilih, lalu pilih "Create Clipping Mask".

Biarkan saya memberikan pengertian yang saya mengerti tentang Clipping Mask. Fitur ini berfungsi untuk memasukkan satu Layer tertentu ke Layer yang ada di bawahnya. Bagian yang dimasuki oleh Layer yang diberi efek Clipping Mask adalah bagian Layer di bawahnya yang muncul di kanvas.
Mari kita lihat gambar di bawah ini:

Ada 2 bagian yang saya beri tanda kotak merah:
Bagian tengah: Hasil dari gambar yang kita Clipping Mask, gambar yang sebelumnya panjang, kini sebagiannya disembunyikan di dalam layer di bawahnya, yaitu sebuah Shape lingkaran dengan ukuran sesuai di gambar. Sebagaimana yang saya jelaskan sebelumnya, bagian yang dimasuki oleh Layer yang kita pilih hanyalah bagian Layer di bawahnya yang muncul di Kanvas, jadi menyesuaikan.
Bagian kanan: Tanda panah ke bawah yang muncul di Layer gambar menghadap ke Layer di bawahnya (sebagai tanda, bahwa Layer gambar diberi efek "Clipping Mask" (diselipkan) pada Layer di bawahya).
Selebihnya, silahkan eksplorasi sendiri~ fitur ini sangat berguna di banyak hal, terlebih seperti pembuatan ID Card yang mengharuskan kita memasukkan gambar profil berbeda-beda dengan bentuk yang diinginkan. Untuk penjelasan lebihnya, akan saya jelaskan di satu artikel khusus.

Opacity dan Fill

Fungsi dari kedua fitur ini adalah untuk mengatur Transparansi Layer yang dipilih. Letaknya ada di bagian atas Layer di samping Blending mode.

Sekilas Opacity dan Fill seperti memiliki kegunaan yang sama, padahal berbeda~ dan semua itu bisa terlihat ketika kita memberikan efek atau Style tertentu kepada Layer yang bersangkutan. Silahkan lihat gambar di bawah ini untuk sedikit gambarannya.

Silahkan dimengerti dan coba-coba sendiri! hahah
Untuk kalian yang masih merasa bingung dengan penjelasan dalam bentuk tulisan di atas, mungkin dengan video di bawah ini, bisa sedikit membantu:

Ok Sekian dulu penjelasan belibet seputar Layer pada aplikasi Photoshop dari Saya~
Semoga bermanfaat dan menginspirasi sesama, kalau kalian rasa ada teman kalian yang juga butuh penjelasan dalam artikel ini, silahkan dibagikan~

SemangArt!
Saya DeeZain, Pamit!


Related Posts

Posting Komentar