Mengenal Tampilan Desktop Windows 10

Posting Komentar

SelamArt berjumpa kembali semuanya~

Saya yakin kita semua selalu dalam keadaan baik-baik saja.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang "Tampilan Desktop Windows 10", tujuan awal saya adalah untuk memperkenalkan kalian dasar-dasar pengetahuan yang harus kita tahu jika ingin merasakan kelancaran dan kemudahan saat mengoperasikan komputer atau laptop kita, baik untuk operasi dasar maupun tingkat lanjutannya.

Adapun desktop, adalah tampilan awal yang akan kita temui saat pertama kali menyalakan perangkat komputer atau laptop kita (untuk ke depannya, mungkin saya akan lebih sering menggunakan kata komputer untuk mewakili semua perangkat yang sejenis dengannya).

Setelah tombol "power" kita tekan untuk menyalakan komputer kita, maka kita akan digiring ke tampilan BIOS dimana proses awal komputer untuk nyala, lalu beberapa dari kita yang memberi password pada komputer kita, maka kita akan singgah terlebih dahulu di tampilan "Windows Log In", yakni tampilan saat kita memasukkan password yang kita gunakan, barulah setelah itu kita akan menemui tampilan yang sebenarnya terhitung paling awal yaitu "Desktop".

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar tampilan desktop di bawah ini.

Tampilan Desktop Laptop Saya saat ini.

Bagian-bagian Desktop

Lantas apa sajakah bagian-bagian yang berada di dalam tampilan desktop ini, silahkan perhatikan masing-masing tanda warna pada gambar di atas, untuk lebih memahami penjelasan masing-masing bagiannya yang akan saya jelaskan sebagai berikut.

Background (Wallpaper)

Sebagaimana arti background dalam bahasa Indonesia, yang berarti adalah latar belakang. Maka background adalah gambar latar belakang atau tampilan utama desktop kita, mayoritas orang-orang akan menyebutnya juga dengan sebutan wallpaper.
Apabila kalian bertanya tentang apa sebenarnya fungsi background? maka jawaban pasti dari saya adalah 'untuk mempercantik dan memperindah tampilan desktop sesuai selera dan keinginan kita', hanya itu.

Cara Mengubah Background (Wallpaper) Desktop

Sedikit info, bahwa saat ini saya tengah menggunakan Windows 10, sebagaimana judul artikel ini. Jika ada mentemen yang menggunakan selain windows 10, saya jamin tidak akan jauh berbeda cara mengaturnya, jadi silahkan simak atau abaikan saja tulisan ini.

Langkah pertama, klik kanan pada salah satu area background yang kosong (tidak ada ikon apapun), lalu klik kiri pada "Personalize"

Maka akan muncul jendela pengaturan seperti ini.

Jendela Pengaturan Tampilan Background

Di windows 10 sendiri, kita diberi 3 pilihan tampilan yang bisa kita gunakan sebagai tampilan desktop.

Pertama adalah "Picture", kita bisa menggunakan gambar apapun yang kita inginkan, selama file yang kita akan gunakan berekstensi gambar, seperti .JPG,.JPEG, dan .PNG. Windows pun sebenarnya sudah menyediakan beberapa gambar yang mungkin kita tertarik untuk menggunakannya, sebagaimana yang bisa kita lihat pada gambar di atas, tepat di atas tombol "Browse" yang saya beri tanda kotak merah.

Adapun kegunaan tombol "Browse" itu sendiri, adalah untuk membuka jendela explorer yang digunakan untuk mencari serta memilih gambar yang ingin kita gunakan sebagai tampilan background, jadi dari situ, kita hanya perlu membuka folder tempat kita menyimpan file gambar yang akan kita gunakan, lalu klik ok dan Beem! tampilan background kita akan segera berubah sesuai dengan gambar yang kita pilih.

Di bagian paling bawah, kita bisa melihat ada tulisan "Choose a fit" dengan beberapa opsi yang disediakan untuk kita pilih. Alat ini digunakan untuk menyesuaikan penempatan gambar background, banyak opsi yang bisa dipilih dan kita langsung coba-coba saja setiap opsinya sampai mendapatkan tampilan yang menurut kita menarik.

Kedua adalah "Solid Color", sebagaimana artinya yaitu "Warna Solid" yang berarti satu warna. Tampilan background kita yang kelak hanya akan menampilkan satu warna dasar yang kita pilih dari pilihan yang tersedia. Berikut contoh tampilannya.

Gambar diatas adalah contoh tampilan jendela pengaturan background yang akan muncul ketika kita memilih Solid Color sebagai background kita, dan contoh tampilannya yang hanya berisi satu warna sesuai yang saya pilih di pengaturan.

Ketiga adalah "Slide Show", yaitu kumpulan beberapa gambar yang akan ditampilkan secara bergilir sesuai gambar dan rentang waktu yang kita pilih di pengaturan. Adapun tampilan jendela pengaturannya adalah sebagai berikut.

Bisa kita lihat beberapa pengaturan dasar yang bisa kita atur untuk Slide Show atau kumpulan gambar yang akan kita gunakan sebagai tampilan background kita. Dari jeda waktu per gambar, pengaturan gilirnya yang bisa diatur secara random (shuffle) atau beraturan sesuai urutan gambar di dalam folder yang kita pilih.

Yah~ jadi itu dia penjelasan singkat mengenai bagian pertama yang ada di dalam desktop, yakni Background. Apabila masih ada yang dirasa kurang jelas dan kurang dimengerti, mungkin dengan menonton video penjelasan yang saya sisipkan di akhir artikel ini bisa membantu kalian untuk lebih memahami.

Dekstop Icon

Kalau kalian lihat garis-garis kotak berwarna hijau pada gambar contoh tampilan dekstop di awal artikel, maka saya beritahu bahwasanya itu semua adalah yang dinamakan Dekstop Icon, yakni ikon-ikon yang dimunculkan dan ada pada tampilan desktop kita.

Desktop icon biasanya mencakup Shortcut Aplikasi, Shortcut suatu File atau Folder, dan Recycle Bin.

Lalu bisakah kita menyimpan file atau folder asli tertentu pada desktop? jawabannya BISA walau saya sangat tidak merekomendasikannya. Karena biarlah hanya shortcut-shortcut atau pintasan dari file dan folder yang kita inginkan yang bertengger di desktop, tidak perlu file atau folder aslinya. Pastikan kalian mengerti tentang arti dan fungsi shortcut dulu yah.

Cara Mengatur Ukuran dan Tampilan Desktop Icon

Langkah pertama yaitu klik kanan pada area background yang kosong, dalam arahkan kursor kita ke tulisan "View".

Maka akan muncul beberapa pilihan seperti gambar diatas, dimana Large Icons, Medium Icons, dan Small Icons berfungsi untuk mengatur ukuran ikon desktop kita. Adapun cara praktisnya adalah dengan menekan tombol "Ctrl" di keyboard kita, lalu gerakkan scroll mouse kita ke atas atau ke bawah untuk memperbesar dan memperkecil ukuran ikon.

Adapun Auto Arrange Icons dan Align Icons to Grid berfungsi untuk mengatur tata letak tampilan ikon-ikon desktop tersebut.

Auto Arrange Icons, berfungsi untuk merapihkan semua ikon secara vertikal dan horizontal dimulai dari ikon pojok kiri atas tampilan background. Jika fitur ini kita aktifkan, maka kita tidak bisa sembarangan memindah posisikan setiap ikon yang ada, sekalipun kita memindahkan ke sembarang tempat, maka ikon tersebut akan kembali tersusun rapih ke posisi sebagaimana yang diharuskan dan diatur oleh fitur ini. Perhatikan gambar berikut untuk sedikit gambarannya!

Align Icons to Grid, kalau di fitur sebelumnya semua ikon akan tersusun rapih secara otomatis dan kita tidak bisa memindahkannya ke posisi sembarang, nah adapun fitur ini kita bisa sedikit lebih bebas dalam menempatkan posisi setiap ikonnya, tapi tetap tidak bisa asal sembarangan. Kalau kita mengikuti arti dari fitur ini, yang berarti "Menyejajarkan Ikon-ikon ke Garis". Atau lebih tepatnya setiap ikon akan menyejajarkan posisinya secara horizontal dan vertikal satu ikon dengan ikon lainnya. Perhatikan gambar berikut untuk sedikit gambarannya!

Meskipun sekilah terlihat seperti ditempatkan pada posisi yang sembarang, tapi sebenarnya kesembarangan tersebut tetap sejajar secara vertikal dan horizontal, seakan ada garis pembantu tranparan yang mengatur dan menyejajarkan posisi setiap ikon.

Taskbar

Taskbar adalah bagian yang ada di bawah tampilan desktop (secara default), silahkan lihat gambar contoh tampilan dekstop di contoh gambar pertama yang saya beri tanda garis kotak merah.

Banyak hal yang tersisipkan di dalam taskbar ini, antara lain:

Tombol Start - Shortcut Aplikasi - Toolbar Folder - Toolbar Aplikasi - Notifikasi Area

(Bawaan Windows 10) Search Icon, Cortana Button, Task View Button, People, Windows Ink Workspace Button, dan Touch Keyboard Button (dimana semuanya hampir selalu saya sembunyikan karena tidak banyak kegunaan yang saya dapatkan dari memunculkannya).

Pada artikel ini, saya tidak akan membahas banyak tentang taskbar, karena tujuan saya sudah terpenuhi yaitu untuk mengenalkan kepada kalian semua. Untuk penjelasan lengkap masing-masing bagian yang ada pada taskbar, akan saya jabarkan secara terpisah dalam masing-masing artikel, yang saya yakin akan sangat berguna untuk membantu kita semua dalam memahami pengoperasian komputer (dalam kasus ini, windows 10. Mengikuti OS yang saya gunakan saat ini xD~).

Sekian dulu penjelasan singkat dari saya tentang "Pengenalan Tampilan Desktop Windows 10", semoga bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya, dan silahkan dibagikan kepada teman-teman kalian yang mungkin juga membutuhkan informasi ini.

Salam SemangArt!

Karena Berbagi itu Indah~
Saya DeeZain, Pamit!

DeeZain
All Iz Well :D~

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email